Home15 Penyebab Blue Screen Pada Laptop. Jangan Abaikan!!!Uncategorized15 Penyebab Blue Screen Pada Laptop. Jangan Abaikan!!!

15 Penyebab Blue Screen Pada Laptop. Jangan Abaikan!!!

Blue screen adalah background yang tidak pernah diinginkan kemunculannya oleh para pengguna laptop dan komputer. Blue screen muncul ketika Microsoft Windows mengalami kesalahan kritis yang tidak dapat dipulihkan.

Ketika terjadi blue screen, layar pada laptop agan sist akan berwarna biru dengan tulisan putih, dan terkadang disertai dengan emoticon yang menggambarkan ekspresi wajah sedih. Blue screen akan muncul ketika komputer agan sist mengalami kesalahan sistem yang fatal. Penyebab laptop blue screen bisa bermacam-macam. Kami akan menyampaikan penjelasan tentang penyebab laptop blue screen 

Penyebab Laptop Blue Screen

Penyebab laptop blue screen biasanya berkaitan dengan perangkat keras, atau perangkat lunak. Bagaimana pun juga, ketika blue screen muncul, agan sist tidak bisa menyelamatkan tugas-tugas yang belum agan sist simpan. Perangkat agan sist tidak akan punya waktu untuk menyimpannya nanti.

Blue screen terjadi ketika Windows menemukan “STOP Error.” Kegagalan kritis ini menyebabkan Windows mogok dan berhenti bekerja. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan Windows pada saat itu adalah me-restart laptop. Ini dapat menyebabkan hilangnya data, karena program tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data mereka yang sedang terbuka.

Program/driver baru

Hapus program atau driver yang baru saja diinstal yang mendahului blue screen jika mereka secara langsung atau tidak langsung menyebabkan kode STOP. Jika agan sist memperbarui driver, agan sist memiliki opsi untuk mengembalikan driver perangkat ke versi sebelumnya yang berfungsi dengan baik.

Program/driver lama

Sebaliknya, bertentangan dengan saran sebelumnya, menginstal ulang driver perangkat atau file program baru dapat menghilangkan blue screen. Seringkali, file program atau driver perangkat lama atau yang sudah tidak kompatibel dapat menyebabkan STOP Error yang terputus-putus.

File sistem yang rusak

Terkadang, Microsoft juga bisa melakukan kesalahan dan mendorong pembaruan yang secara tidak sengaja, sehingga menyebabkan sistem macet. Jika pembaruan yang memperbaiki blue screen tersedia, lanjutkan dan install. Tapi jika tidak, hapus instalan pembaruan tersebut. System Restore atau Pemulihan Sistem adalah opsi bagus lainnya untuk mendapatkan salinan baru dari file sistem untuk menggantikan yang rusak.

Virus/Malware

Pindai sistem agan sist secara menyeluruh untuk menyingkirkan virus dan malware, karena mereka bisa merusak file sistem dan/atau driver sehingga menyebabkan blue screen. Pastikan antivirus agan sist diperbarui ke versi terbaru sebelum agan sist memulai upaya ini.

BIOS

BIOS adalah salah satu hal yang jarang disarankan untuk diperbarui. Biasanya ini berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun, namun terkadang ketidakcocokan dapat menyebabkan blue screen. Memperbarui BIOS lama ke versi terbaru dapat menghilangkan kode STOP ini.

Sirkulasi udara yang tidak memadai

Kipas yang tidak berfungsi dapat menghentikan pendinginan komputer sehingga dapat menyebabkan blue screen. Periksa suhu komputer dan dengarkan apakah kipas berfungsi dengan baik. Agan sist mungkin perlu membersihkan akumulasi kotoran yang menyumbat insang pada perangkat Anda.

Ruang penyimpanan kecil

Selama instalasi/upgrade ke sistem operasi baru, kurangnya ruang penyimpanan yang cukup juga dapat menyebabkan blue screen. Periksa apakah agan sist memiliki cukup ruang untuk mengakomodasi sistem operasi yang baru.

Periferal perangkat keras yang tidak perlu

Selain keyboard dan mouse, agan sist dapat mencabut periferal lain seperti flash drive dan kartu SD, hard drive portabel, monitor sekunder, printer, kabel HDMI, ponsel cerdas, dan lain-lain. Karena aksesori tambahan ini dapat mengganggu penginstalan/peningkatan sistem operasi.

Perangkat keras/kabel longgar

Hard drive yang tidak terpasang, chip RAM, dan kabel yang longgar dapat mengembalikan kode STOP. Periksa apakah semua komponen perangkat keras terpasang dengan benar, terutama jika agan sist baru saja membuka komputer. Yang aman adalah dengan mencabut, kemudian memasang kembali semua komponen ini untuk memastikan semuanya terpasang dengan benar.

Perangkat keras yang gagal

Kadang-kadang, perangkat keras mencapai akhir masa pakainya dan mengirimkan petunjuk SOS berupa blue screen. Hal pertama yang perlu agan sist lakukan adalah membuat cadangan semua file. Lakukan tes diagnostik perangkat keras untuk memahaminya. Bisa berupa harddisk, RAM, Motherboard atau komponen lainnya. Ganti perangkat keras, firmware atau seluruh komputer sesuai kemampuan agan sist.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Yang menjadi penyebab laptop blue screen adalah kesalahan yang timbul saat instalasi driver VGA. Maka dari itu, Anda bisa melakukan instal ulang driver VGA Anda, pastikan dengan driver yang sudah terbaru.

BAD_POOL_CALLER

Penyebab Blue Screen ini juga bisa terjadi karena kesalahan pada saat instalasi OS (biasanya terjadi pada Windows XP). Oleh sebab itu, dengan memastikan ulang kaset CD installer tidak rusak juga corrupt adalah cara terakhir untuk memperbaiki Blue Screen. Jika setelah melakukan install ulang, tapi masih tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware.

Status system process terminated

Penyebab laptop blue screen, bisa terjadi karena error, serta masalah pada winlogon.exe atau pada client server runtime subsystems (CRSS). Kondisi ini juga bisa disebabkan karena suatu user dengan level administrator merubah suatu file penting pada sistem windows. 

Gagalnya driver dengan power management

Power Management System (PMS) adalah Sistem Monitoring dan Metering Kelistrikan Jarak Jauh yang dipantau secara real time (terus menerus) dan simultan (bersamaan). Ketika power management tidak cocok dengan driver yang berjalan, maka akan terjadi blue screen dengan kode 0X0000009F. 

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Selain itu, yang menjadi penyebab laptop blue screen juga terjadi karena posisi jumper pada harddisk yang salah, atau bisa juga karena Driver IDE controller yang salah dan Virus Boot sector. Oleh sebab  itu Anda perlu  memeriksa kondisi kabel IDE, serta bersihkan virus pada boot sector.

Kesimpulan

Mengingat belum ada teknologi yang sempurna, masalah blue screen pada komputer atau laptop sangat mengganggu produktivitas kerja. Agar tidak mengalami kendala serupa, agan sist dapat mengantisipasinya dengan merawat PC atau laptop milikmu. Selain itu, hindari penggunaan perangkat secara berlebihan.

Sampai di sini, agan sist tentu sudah tahu apa itu blue screen, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya. Blue screen adalah efek dari error sistem perangkat yang menggunakan OS Microsoft Windows. Penyebab blue screen bervariasi, namun garis besarnya berasal dari software atau hardware. Semoga bermanfaat dan salam sukses online, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 okediil. All Rights Reserved.

okediil.service@gmail.com

Mencari kolaborasi untuk proyek Anda berikutnya?
Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk menyapa.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hi, Gan & Sis, Ada yang bisa kami bantu?